resep masakan

RESEP TOM YUM RAMEN GURIH DAN NIKMAT

Resep Tom Yum – Tom Yum merupakan  hidangan berupa soup yang berasal dari Thailand. Penggunaan produk laut atau seafood didalamnya menjadi salah satu ciri khas dari soup ini, warna kuahnya merah dengan  cita rasa asam, pedas dan segar. Sebuah kombinasi rasa yang sempurna untuk menyamarkan aroma seafood yang kadang amis.

Sementara Tom Yum Ramen adalah kreasi Japanese Fusion Food dimana mie ramen khas Jepang  dipadukan dengan soup Tom Yum yang segar menggoda. Hasilnya? hidangan mie ramen dengan kuah yang pedas, nikmat ala Thailand, duh ngebayanginnya aja udah bikin ngiler duluan.

RESEP TOM YUM RAMEN

Nah kali ini mumpung masih ada sisa mie ramen yang saya buat kemarin, jadi  mau sekalian nyoba bikin Tom Yum Ramen. Lumayan buat mengobati kangen makan  ramen yang satu ini. Oh ya ada cerita lucu pas beli udang untuk bikin tom yum, jadi sepulang kerja saya mampir ke supermarket dengan niat beli udang dan bumbu tom yum.

Nah begitu sampai di bagian seafood saya perhatikan baik-baik harganya dan yakin sekali kalau tulisan di label itu harga udang Rp. 100.000 / kg lumayan mahal juga jadi saya beli 250 gram saja dengan bayangan harganya cuman 25 ribuan. Saya cuman dapet 6 ekor udang untuk 250 gram, sedikit memang tapi butuhnya juga cuman buat bikin ramen sekali ini.

Dengan santai jalan kekasir sampai dikasir begitu si udang di scan nah loh kok harganya jadi 59 ribu sekian, hya… apa tadi salah baca harga ya ? padahal sudah dibaca baik-baik. Mau di balikin juga nggak enak hati, akhirnya pulang dengan perasaan sedikit syok gara-gara beli udang 59 ribu rupiah cuman dapet 6 ekor,  jadi 1 ekor harganya sepuluh ribu rupiah.

Wow banget ya ini ramen pake dua udang dalam satu mangkok, udangnya aja udah 20 ribu belum lagi mie dan lainnya hehehe jadi satu mangkok ramen ini dihargai berapa kira-kira ? saya  jadi mikir lagi pantesan Tom Yum Ramen yang dibeli waktu itu harganya lumayan mahal, wong si udangnya saja sudah semahal itu.

Cara membuat Tom Yum Ramen 

Bahan-Bahan :

  • 1 porsi mie ramen segar atau ramen instant
  • 2 ekor udang (saya pakai king prawn)
  • 50 gram tauge ( bersihkan)
  • 2 batang sayur hijau ( Ptong-potong, bisa diganti sayuran lain)
  • 50 gram jagung pipil
  • 1 batang daun bawang, iris halus.
  • 1 sdm pasta tom yum
  • 1 sdm minyak ikan
  • 1 sdm lemon jus
  • 600 ml air
  • 300 ml air
  • Daun ketumbar, dicincang halus.
  • 1/2 sachet dashi instan
  • 1 sdm cabai bubuk ( optional bagi yg suka pedas)

Cara membuat :

  1. Didihkan 600 ml air dalam panci, masukkan mie ramen. masak mie hingga matang. segera angkat dan tiriskan. taruh mie dalam mangkok.
  2. Didihkan 300 ml air, Masukkan tauge, sayur hijau, jagung pipil dan udang masak sampai udang berubah warna. ( jika ingin menata topping ini diatas mie, pisahkan bahan-bahan saat direbus)
  3. Gunakan sisa air merebus sayuran dan udang tadi, masukkan cabai bubuk, pasta tomyum, kecap ikan, dashi dan lemon jus.
  4. Aduk dan pastikan pasta tom yum tercampur rata, matikan api.
  5. Siramkan kuah ramen diatas mie yang sudah matang kemudian beri topping sayuran dan udang, lalu taburi dengan daun ketumbar dan daun bawang.
  6. Tom yum ramen siap disajikan .
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s